Siapa yang tidak kenal dengan Negara Jepang? Negara yang memiliki tingkat teknologi sebanding dengan Amerika dan Cina. Namun, pada akhir-akhir ini Jepang juga menjadi pusat mode dan pusat budaya dunia.
Beberapa distrik di Negara Jepang ini menjadi kiblat pusat mode, salah satunya Shibuya. Dengan luas wilayah 15,11 km² dan populasi lebih dari 200.000 orang, distrik Shibuya ini menjadi salah satu kiblat mode dunia. Central Gai menjadi salah satu ikon Distrik Shibuya dengan banyaknya toko, pakaian, toko musik, dan toko video game. Sedikit anjuran untuk Anda yang ingin membeli barang di Shibuya. Berhati-hatilah karena harga yang ditawarkan dapat membuat dompet menangis.
Tak lengkap jika hanya mengetahui tempat terkenal tanpa mengetahui sejarah distrik ini. Dahulu kata Shibuya digunakan sebagai nama terminal kereta api untuk Tokyo bagian barat daya pada tahun 1885. Pada pengembangannya mulai menjadi sebuah desa pada tahun 1889, hingga pada 15 maret 1947 Shibuya menjadi distrik khusus karena di distrik ini sentral komersial dan pusat hiburan kelas menengah keatas berkembang pesat. Di Shibuya, terdapat tempat khusus yang menjadi “ground zero” pecinta fashion. Shibuya 109 (Shibuya Tokyu), yang terletak di sebuah gang pada perempatan yang berada di sudut pusat perbelanjaan negara Jepang. Selain Shibuya, terdapat tempat yang menjadi mode dunia remaja yaitu Harajuku.
Di Distrik Harajuku ini sangat banyak remaja yang berpakaian seperti peragawan atau peragawati. Terlebih pada akhir pekan, jumlah remaja yang datang ke distrik ini sangatlah banyak. Distrik Harajuku menjadi pusat mode untuk remaja di dunia karena dengan banyaknya remaja yang berpakaian keren dan menarik. Pada distrik ini, banyak terdapat fotografer mode dunia mencari bahan materi foto fashion dengan berburu di tempat ini. Ada banyak alasan yang diberikan oleh fotografer, salah satunya adalah para remaja ini selalu “update” mengenai mode dunia dan mereka tidak menarik biaya foto. Pada akhirnya, kata Harajuku menjadi simbol mode dunia remaja karena tema pemberontakan yang di usung oleh remaja Negara Jepang di distrik ini.
Senin, 20 Juni 2011
I love Puncak
Puncak ---> suatu tempat dimna orang bisa merasakan keindahan alam seutuhnya.puncak jg merupakan suatu tempat beristirahat,terutama bagi kebanyakan orang2 jakarta dmna stelah 5 hari bekerja bisa menenangkan pikiran dr tadinya lelah bekerja menjadi tenang,damai dan menjadi lebih pres.
Puncak ---> merupakan tempat di mana kita bisa melihat keindahan kota bogor terutama pada malam hari.Pada sore hari juga kita bisa bersantai di sana sambil melihat sunset.
Pada malam hari selain melihat kota bogor dari puncak sana, kita juga bisa sekalian mampir di warung2 pinggir jalan sambi menikmati beberapa hidangan makanan,diantaranya jagung bakar.
Sambil kita santai bersama keluarga ataupun yang bawa pasangan.
Kalo kita enggan pulang di sana jug aterdapat banyak vila – vila dari mulai harga paling murah sampai harga yang mahal juga ada.
Di puncak sana juga terdapat mesjid yang limayan cukup terkenal juga,yaitu mesjid At-taun.
Biasanya di mesjid itu lah orang2 pada beristirahat sambil setelah melakukan solat sambil melihat jalan yg berliku dan keindahan kota bogor.
Ini adalah gambar mesjid At-tau'un,:
Berikut gambar - gambar yang terlihat dari puncak :
Sumber : http://jampank.blogspot.com/2007/08/puncak-bogor-cianjur.html
Puncak ---> merupakan tempat di mana kita bisa melihat keindahan kota bogor terutama pada malam hari.Pada sore hari juga kita bisa bersantai di sana sambil melihat sunset.
Pada malam hari selain melihat kota bogor dari puncak sana, kita juga bisa sekalian mampir di warung2 pinggir jalan sambi menikmati beberapa hidangan makanan,diantaranya jagung bakar.
Sambil kita santai bersama keluarga ataupun yang bawa pasangan.
Kalo kita enggan pulang di sana jug aterdapat banyak vila – vila dari mulai harga paling murah sampai harga yang mahal juga ada.
Di puncak sana juga terdapat mesjid yang limayan cukup terkenal juga,yaitu mesjid At-taun.
Biasanya di mesjid itu lah orang2 pada beristirahat sambil setelah melakukan solat sambil melihat jalan yg berliku dan keindahan kota bogor.
Ini adalah gambar mesjid At-tau'un,:
Berikut gambar - gambar yang terlihat dari puncak :
Sumber : http://jampank.blogspot.com/2007/08/puncak-bogor-cianjur.html
KEINDAHAN PULAU TIDUNG
Pulau Tidung merupakan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Pulau Tidung di perkirakan lebarnya hanya sebesar 200 M dan panjanganya hanya sekitar 5 KM, Pulau Tidung terbagi dua yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil di hubungkan oleh jembatan penghubung. Pulau tidung juga memiliki saran yang cukup lengkap antara lain, kantor kelurahan, kantor polisi, puskesmas, sekolah, dermaga, masjid dan lain - lain.
Letak geografis Pulau Tidung yang relatif dekat dengan daratan Ibukota Jakarta. hanya membutuhkan waktu 2 sampai dengan 3 jam perjalanan dari pelabuhan Muara Angke atau 1 s/d 2 jam dari pelabuhan Rawasaban Tangerang, membuat wisatawan tidak perlu membuang waktu yang banyak dan biaya yang tinggi untuk melakukan perjalanan wisata ke Pulau Tidung.
Pulau Tidung dapat di jadikan alternatif wisata bahari di kepulauan seribu, nuansa laut berwarna biru kehijauan dan lebih jauh biru dan biru gelap pertanda laut dalam, pantai ini tidak berombak besar karena gugusan karang dan terumbu karang yang mengelilingi mampu menahan ombak, cukup aman untuk berenang. Ekosistem terumbu karang pulau ini masih mempunyai keindahan yang cukup baik, khususnya apabila melakukan kegiatan snorkeling atau diving. Bersepeda ria, memancing dan wisata keliling pulau - pulau sekitarnya. Kegiatan penelitian juga sering di lakukan di daerah ini.
Perekonomian Pulau Tidung semakin menggelora sejak meningkatnya wisatawan, utamanya backpackers, yang menikmati eksotisme pulau tersebut. Wisata Pulau tidung melibatkan semua pihak mulai dari aparat desa, karang taruna, hingga masyarakat untuk membangun sebuah wisata rakyat yang menguntungkan bagi semua pihak.
Sumber : http://www.tidungisland.com/
Letak geografis Pulau Tidung yang relatif dekat dengan daratan Ibukota Jakarta. hanya membutuhkan waktu 2 sampai dengan 3 jam perjalanan dari pelabuhan Muara Angke atau 1 s/d 2 jam dari pelabuhan Rawasaban Tangerang, membuat wisatawan tidak perlu membuang waktu yang banyak dan biaya yang tinggi untuk melakukan perjalanan wisata ke Pulau Tidung.
Pulau Tidung dapat di jadikan alternatif wisata bahari di kepulauan seribu, nuansa laut berwarna biru kehijauan dan lebih jauh biru dan biru gelap pertanda laut dalam, pantai ini tidak berombak besar karena gugusan karang dan terumbu karang yang mengelilingi mampu menahan ombak, cukup aman untuk berenang. Ekosistem terumbu karang pulau ini masih mempunyai keindahan yang cukup baik, khususnya apabila melakukan kegiatan snorkeling atau diving. Bersepeda ria, memancing dan wisata keliling pulau - pulau sekitarnya. Kegiatan penelitian juga sering di lakukan di daerah ini.
Perekonomian Pulau Tidung semakin menggelora sejak meningkatnya wisatawan, utamanya backpackers, yang menikmati eksotisme pulau tersebut. Wisata Pulau tidung melibatkan semua pihak mulai dari aparat desa, karang taruna, hingga masyarakat untuk membangun sebuah wisata rakyat yang menguntungkan bagi semua pihak.
Sumber : http://www.tidungisland.com/
Senin, 23 Mei 2011
Adat istiadat yang membuat maju masyarakat
Minang atau Minangkabau adalah kelompok etnik Nusantara yang berbahasa dan menjunjung adat Minangkabau. Wilayah penganut kebudayaannya meliputi Sumatera Barat, separuh daratan Riau, bagian utara Bengkulu, bagian barat Jambi, bagian selatan Sumatera Utara, barat daya Aceh, dan juga Negeri Sembilan di Malaysia.Dalam percakapan awam, orang Minang seringkali disamakan sebagai orang Padang, merujuk kepada nama ibukota propinsi Sumatera Barat yaitu kota Padang. Namun masyarakat ini biasanya akan menyebut kelompoknya dengan sebutanUrang Awak (bermaksud sama dengan orang Minang itu sendiri).
Menurut A.A. Navis, Minangkabau lebih kepada kultur etnis dari suatu rumpunMelayu yang tumbuh dan besar karena sistem monarki, serta menganut sistem adat yang khas, yang dicirikan dengan sistem kekeluargaan melalui jalur perempuan atau matrilineal,walaupun budayanya juga sangat kuat diwarnai ajaran agamaIslam. Saat ini masyarakat Minang merupakan masyarakat penganut matrilineal terbesar di dunia.Selain itu, etnik ini juga telah menerapkan sistem proto-demokrasi sejak masa pra-Hindu dengan adanya kerapatan adat untuk menentukan hal-hal penting dan permasalahan hukum. Prinsip adat Minangkabau tertuang singkat dalam pernyataan Adat basandi syara', syara' basandi Kitabullah(Adat bersendikan hukum, hukum bersendikan Al-Qur'an) yang berarti adat berlandaskan ajaran Islam.
Orang Minangkabau sangat menonjol dibidang perniagaan, sebagai profesional dan intelektual. Mereka merupakan pewaris terhormat dari tradisi tua Kerajaan Melayudan Sriwijaya yang gemar berdagang dan dinamis.Hampir separuh jumlah keseluruhan anggota masyarakat ini berada dalam perantauan. Minang perantauan pada umumnya bermukim di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Pekanbaru,Medan, Batam, Palembang, dan Surabaya. Di luar wilayah Indonesia, etnis Minang banyak terdapat di Negeri Sembilan, Malaysia dan Singapura.
Masyarakat Minang memiliki masakan khas yang populer dengan sebutan masakan Padang, dan sangat digemari di Indonesia bahkan sampai mancanegara.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_Minang
Menurut A.A. Navis, Minangkabau lebih kepada kultur etnis dari suatu rumpunMelayu yang tumbuh dan besar karena sistem monarki, serta menganut sistem adat yang khas, yang dicirikan dengan sistem kekeluargaan melalui jalur perempuan atau matrilineal,walaupun budayanya juga sangat kuat diwarnai ajaran agamaIslam. Saat ini masyarakat Minang merupakan masyarakat penganut matrilineal terbesar di dunia.Selain itu, etnik ini juga telah menerapkan sistem proto-demokrasi sejak masa pra-Hindu dengan adanya kerapatan adat untuk menentukan hal-hal penting dan permasalahan hukum. Prinsip adat Minangkabau tertuang singkat dalam pernyataan Adat basandi syara', syara' basandi Kitabullah(Adat bersendikan hukum, hukum bersendikan Al-Qur'an) yang berarti adat berlandaskan ajaran Islam.
Orang Minangkabau sangat menonjol dibidang perniagaan, sebagai profesional dan intelektual. Mereka merupakan pewaris terhormat dari tradisi tua Kerajaan Melayudan Sriwijaya yang gemar berdagang dan dinamis.Hampir separuh jumlah keseluruhan anggota masyarakat ini berada dalam perantauan. Minang perantauan pada umumnya bermukim di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Pekanbaru,Medan, Batam, Palembang, dan Surabaya. Di luar wilayah Indonesia, etnis Minang banyak terdapat di Negeri Sembilan, Malaysia dan Singapura.
Masyarakat Minang memiliki masakan khas yang populer dengan sebutan masakan Padang, dan sangat digemari di Indonesia bahkan sampai mancanegara.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_Minang
Sejarah singkat lombok
Kisah Singkat tentang asal muasal kata LOMBOK dan SASAK
Lombok, asal katanya Lomboq, yang berarti Lurus. maka jika ada orang yang menyebut Lombok adalah Cabe, jelas salah. Dalam bahasa Sasak cabe memiliki sebutan sendiri, yaitu Sebiya. Lomboq dalam arti sebenarnya adalah Lurus.
Nenek Moyang suku Sasak itu berasal dari campuran penduduk asli lombok dengan para pendatang dari jawa tengah yang terkenal dengan julukan Mataram, pada jaman raja yang bernama Rakai Pikatan dan permaisurinya Pramudhawardani.
Bergelar Raja karena bermaksud menyebarluaskan kekuasaannya di seluruh jawa, ujung barat sampai timur, walaupun melewati lautan, tujuannya untuk menyatukan seluruh wilayah nusantara,yang akan menjadi cikal bakal Negara Indonesia sekarang.
Mereka berbondong-bondong memakai sampan yang dulu disebut Sak-sak, ada yang sampai di daerah bali,daerah lombok bahkan sampai di daerah flores.
Kala itu daerah lombok belum memiliki nama. Konon, ada yang menamakannyaMeneng yang artinya sepi/diam. Ada juga yang menamakannya Selapawis.
Jadi karena moyang orang lombok pada jaman dulu berjalan dari daerah bagian baratLomboq(Lurus) sampai kearah timur terus menuju sebuah pelabuhan di ujung timur pulau,yang sekarang bernama Pelabuhan Lombok (Lombok Timur). Mereka banyak menikah dengan penduduk asli hingga memiliki anak keturunan yang menjadi raja sebuah kerajaan yang di dirikan yang bernama Kerajaan Lombok konon katanya kerajaan ini berpusat di Pelabuhan Lombok.
Setelah beranak pinak,sebagai tanda kisah perjalanan dari jawa memakai sampan (Sak-sak), mereka menamai keturunannya menjadi suku Sak-sak, yang lama-lama menjadi Sasak.
Setelah memiliki Raja, Pelabuhan/Labuan Lombok banyak didatangi para saudagar dari luar yang menjual berbagai hasil bumi seperti beras,tarum dan lain-lain.banyak dari mereka malah menginginkan untuk berkuasa di lombok. Kurang lebih 400 tahun ….
Pada jaman itu Raja Lombok yang berkuasa adalah Prabu Rangkesari, Raja Majapahit serta Patih Gajah Mada mengirim utusan yaitu para prajurit yang ingin mengadakan pertempuran.Konon yang menjadi panglima perang adalah Mpu Nala. Karena serangan yang tiba-tiba, Prabu Rangkesari akhirnya kalah kemudian tewas dalam pertempuran.Namun Putrinya yang bernama Denda Ratnasari bersama suaminya yang sebenarnya berasal dari Majapahit yang bernama Raden Mas Pahit, bias lolos menuju ke dalam hutan Watuparang.Rakyat Lombok yang terpencar dan kocar-kacir saat perang kembali membuat pemerintahan yang baru, namun posisinya tidak lagi diLabuhan Lombok, tapi di dalam hutan Watuparang membuat desa serta istana yang bernama Selaparang.
Sumber : http://lombokku.com
Lombok, asal katanya Lomboq, yang berarti Lurus. maka jika ada orang yang menyebut Lombok adalah Cabe, jelas salah. Dalam bahasa Sasak cabe memiliki sebutan sendiri, yaitu Sebiya. Lomboq dalam arti sebenarnya adalah Lurus.
Nenek Moyang suku Sasak itu berasal dari campuran penduduk asli lombok dengan para pendatang dari jawa tengah yang terkenal dengan julukan Mataram, pada jaman raja yang bernama Rakai Pikatan dan permaisurinya Pramudhawardani.
Bergelar Raja karena bermaksud menyebarluaskan kekuasaannya di seluruh jawa, ujung barat sampai timur, walaupun melewati lautan, tujuannya untuk menyatukan seluruh wilayah nusantara,yang akan menjadi cikal bakal Negara Indonesia sekarang.
Mereka berbondong-bondong memakai sampan yang dulu disebut Sak-sak, ada yang sampai di daerah bali,daerah lombok bahkan sampai di daerah flores.
Kala itu daerah lombok belum memiliki nama. Konon, ada yang menamakannyaMeneng yang artinya sepi/diam. Ada juga yang menamakannya Selapawis.
Jadi karena moyang orang lombok pada jaman dulu berjalan dari daerah bagian baratLomboq(Lurus) sampai kearah timur terus menuju sebuah pelabuhan di ujung timur pulau,yang sekarang bernama Pelabuhan Lombok (Lombok Timur). Mereka banyak menikah dengan penduduk asli hingga memiliki anak keturunan yang menjadi raja sebuah kerajaan yang di dirikan yang bernama Kerajaan Lombok konon katanya kerajaan ini berpusat di Pelabuhan Lombok.
Setelah beranak pinak,sebagai tanda kisah perjalanan dari jawa memakai sampan (Sak-sak), mereka menamai keturunannya menjadi suku Sak-sak, yang lama-lama menjadi Sasak.
Setelah memiliki Raja, Pelabuhan/Labuan Lombok banyak didatangi para saudagar dari luar yang menjual berbagai hasil bumi seperti beras,tarum dan lain-lain.banyak dari mereka malah menginginkan untuk berkuasa di lombok. Kurang lebih 400 tahun ….
Pada jaman itu Raja Lombok yang berkuasa adalah Prabu Rangkesari, Raja Majapahit serta Patih Gajah Mada mengirim utusan yaitu para prajurit yang ingin mengadakan pertempuran.Konon yang menjadi panglima perang adalah Mpu Nala. Karena serangan yang tiba-tiba, Prabu Rangkesari akhirnya kalah kemudian tewas dalam pertempuran.Namun Putrinya yang bernama Denda Ratnasari bersama suaminya yang sebenarnya berasal dari Majapahit yang bernama Raden Mas Pahit, bias lolos menuju ke dalam hutan Watuparang.Rakyat Lombok yang terpencar dan kocar-kacir saat perang kembali membuat pemerintahan yang baru, namun posisinya tidak lagi diLabuhan Lombok, tapi di dalam hutan Watuparang membuat desa serta istana yang bernama Selaparang.
Sumber : http://lombokku.com
Minggu, 22 Mei 2011
Adat istiadat yang membelenggu masyarakat
Upacara Perkawinan Sorong Serah Aji Kerama
Adat perkawinan pada masyarakat Lombok Timur dikaitkan dengan upacara adat sorong serah aji kerama. Seorang pemuda (terune) dapat memperoleh seorang istri berdasarkan adat dengan dua cara yaitu: pertama dengan soloh (meminang kepada keluarga si gadis); kedua dengan cara merariq (melarikan si gadis), Setelah salah satu cara sudah dilakukan, maka keluarga pria akan melakukan tata cara perkawinan sesuai adat Sasak.
Upacara perkawinan Lombok Timur sering dikaitkan dengan upacara adat perkawinan sorong serah aji kerama yang merupakan salah satu tradisi yang ada sejak zaman dahulu dan telah melekat dengan kuat serta utuh didalam tatanan kehidupan masyarakat suku Sasak Lombok Timur, bahkan beberapa kalangan masyarakat baik itu tokoh agama dan tokoh masyarakat adat itu sendiri menyatakan bahwa jika tidak melaksanakan upacara adat ini akan menjadi aib bagi keluarga dan masyarakat setempat.
Sorong serah berasal dari kata sorong yang berarti mendorong dan serah yang berarti menyerahkan, jadi sorong serah merupakan suatu pernyataan persetujuan kedua belah pihak baik dari pihak perempuan maupun pihak laki-laki dalam prosesi suatu perkawinan antara terune (jejaka) dan dedare (gadis).
Upacara sorong serah ini merupakan salah satu rangkaian upacara terpenting pada prosesi perkawinan adat Sasak di Lombok Timur. Adapun prosesi perkawinan secara lengkap adalah sebagai berikut:
1.Mesejati
Mengandung arti bahwa dari pihak laki-laki mengutus beberapa orang tokoh masyarakat setempat atau tokoh adat untuk melaporkan kepada kepala desa atau keliang/kepala dusun untuk mempermaklumkan mengenai perkawinan tersebut tentang jati diri calon pengantin laki-laki dan selanjutnya melaporkan kepada pihak keluarga perempuan.
2.Selabar
Mengandung maksud untuk memper maklumkan kepada pihak keluarga calon pengantin perempuan yang ditindaklanjuti dengan pembicaraan adat istiadatnya meliputi aji kerama yang terdiri dari nilai-nilai 33-66-100 dengan dasar penilaian uang kepeng bolong atau kepeng jamaq, bahkan kadang-kadang acara selabar ini dirangkaikan dengan permintaan wali sekaligus.
3.Mengambil Wali
Yang dimaksud dengan mengambil wali adalah mengambil wali dari pihak perempuan bisa langsung pada saat selabar atau beberapa hari setelah pelaksanaan selabar dan hal ini tergantung dari kesepakatan dua belah pihak (kapisuka)
4.Mengambil Janji
Dalam pelaksanaan mengambil janji ini adalah membicarakan seputar sorong serah dan aji kerama sesuai dengan adat istiadat yang berlaku di dalam desa atau kampung asal calon mempelai perempuan.
5.Sorong Serah
Inti dari pelaksanaan sorong serah ini adalah pengumuman resmi acara perkawinan seorang laki-laki dan seorang perempuan yang disertai dengan penyerahan peralatan mempelai pihak laki-laki atau yang dikenal dengan nama ajen-ajen.
6.Nyongkolan
Dalam pelaksanaan nyongkolan keluarga pihak laki-laki disertai oleh kedua mempelai mengunjungi pihak keluarga perempuan yang diiringi oleh kerabat dan handai taulan dengan mempergunakan pakaian adat diiringi gamelan bahkan gendang beleq.
7.Balik Lampak
Merupakan salah satu tradisi untuk berkunjung ke rumah orang tua perempuan secara khusus bersama kedua orang tua pihak laki-laki.
sumber : http://lomboktimurkab.go.id
Adat perkawinan pada masyarakat Lombok Timur dikaitkan dengan upacara adat sorong serah aji kerama. Seorang pemuda (terune) dapat memperoleh seorang istri berdasarkan adat dengan dua cara yaitu: pertama dengan soloh (meminang kepada keluarga si gadis); kedua dengan cara merariq (melarikan si gadis), Setelah salah satu cara sudah dilakukan, maka keluarga pria akan melakukan tata cara perkawinan sesuai adat Sasak.
Upacara perkawinan Lombok Timur sering dikaitkan dengan upacara adat perkawinan sorong serah aji kerama yang merupakan salah satu tradisi yang ada sejak zaman dahulu dan telah melekat dengan kuat serta utuh didalam tatanan kehidupan masyarakat suku Sasak Lombok Timur, bahkan beberapa kalangan masyarakat baik itu tokoh agama dan tokoh masyarakat adat itu sendiri menyatakan bahwa jika tidak melaksanakan upacara adat ini akan menjadi aib bagi keluarga dan masyarakat setempat.
Sorong serah berasal dari kata sorong yang berarti mendorong dan serah yang berarti menyerahkan, jadi sorong serah merupakan suatu pernyataan persetujuan kedua belah pihak baik dari pihak perempuan maupun pihak laki-laki dalam prosesi suatu perkawinan antara terune (jejaka) dan dedare (gadis).
Upacara sorong serah ini merupakan salah satu rangkaian upacara terpenting pada prosesi perkawinan adat Sasak di Lombok Timur. Adapun prosesi perkawinan secara lengkap adalah sebagai berikut:
1.Mesejati
Mengandung arti bahwa dari pihak laki-laki mengutus beberapa orang tokoh masyarakat setempat atau tokoh adat untuk melaporkan kepada kepala desa atau keliang/kepala dusun untuk mempermaklumkan mengenai perkawinan tersebut tentang jati diri calon pengantin laki-laki dan selanjutnya melaporkan kepada pihak keluarga perempuan.
2.Selabar
Mengandung maksud untuk memper maklumkan kepada pihak keluarga calon pengantin perempuan yang ditindaklanjuti dengan pembicaraan adat istiadatnya meliputi aji kerama yang terdiri dari nilai-nilai 33-66-100 dengan dasar penilaian uang kepeng bolong atau kepeng jamaq, bahkan kadang-kadang acara selabar ini dirangkaikan dengan permintaan wali sekaligus.
3.Mengambil Wali
Yang dimaksud dengan mengambil wali adalah mengambil wali dari pihak perempuan bisa langsung pada saat selabar atau beberapa hari setelah pelaksanaan selabar dan hal ini tergantung dari kesepakatan dua belah pihak (kapisuka)
4.Mengambil Janji
Dalam pelaksanaan mengambil janji ini adalah membicarakan seputar sorong serah dan aji kerama sesuai dengan adat istiadat yang berlaku di dalam desa atau kampung asal calon mempelai perempuan.
5.Sorong Serah
Inti dari pelaksanaan sorong serah ini adalah pengumuman resmi acara perkawinan seorang laki-laki dan seorang perempuan yang disertai dengan penyerahan peralatan mempelai pihak laki-laki atau yang dikenal dengan nama ajen-ajen.
6.Nyongkolan
Dalam pelaksanaan nyongkolan keluarga pihak laki-laki disertai oleh kedua mempelai mengunjungi pihak keluarga perempuan yang diiringi oleh kerabat dan handai taulan dengan mempergunakan pakaian adat diiringi gamelan bahkan gendang beleq.
7.Balik Lampak
Merupakan salah satu tradisi untuk berkunjung ke rumah orang tua perempuan secara khusus bersama kedua orang tua pihak laki-laki.
sumber : http://lomboktimurkab.go.id
Jumat, 20 Mei 2011
Anjing Pomerania
Anjing Pomerania adalah salah satu ras anjing spitz (berbulu tebal dan panjang, daun telinga agak kecil dan tegak) yang berasal dari Jerman. Nama pomeranian diambil dari sebuah provinsi tua di Jerman yang bernama Pomerania. Pada pertengahan tahun 1800-an, ras anjing ini dibawa ke Inggris dan pada akhir tahun 1800-an mulai dikenal di daerah Amerika Serikat.
Anjing ini lucu dan menggemaskan, siapa melihat pasti terpanah untuk memegangnya
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pomeranian
Anjing ini lucu dan menggemaskan, siapa melihat pasti terpanah untuk memegangnya
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pomeranian
Langganan:
Postingan (Atom)