Kamis, 27 Oktober 2011

Perilaku Konsumen dan Segmentasi Pasar

1.Pengertian konsumen.

Pengertian Konsumen menurut Philip Kotler (2000) dalam bukunya Prinsiples Of Marketing adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi. Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

2. Perilaku konsumen

Perilaku konsumen adalah studi mengenai individu, kelompok atau organisasi dan proses-proses yang dilakukan dalam memilih, menentukan, mendapatkan, menggunakan, dan menghentikan pemakaian produk, jasa, pengalaman, atau ide untuk memuaskan kebutuhan serta dampak proses-proses tersebut terhadap konsumen dan masyarakat (Hawkins, Best & Coney, 2001)
Definisi lain dari psikologi konsumen adalah kegiatan bersibuk diri secara luas dimana manusia sebagai konsumen dari barang dan jasa. Sasaran utama dari psikologi konsumen itu adalah perilaku konsumen, misalnya dengan keadaan dan alasannya seseorang tersebut menentukan pilihannya. Karena sasaran utamanya menjelaskan perilaku maka di samping psikologi konsumen juga digunakan istilah perilaku konsumen.

3. penggunaan segmentasi pasar dalam penetapan strategi pemasaran

Faktor penting lain yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan strategi pemasaran untuk konsumen adalah "segmentasi pasar". Segmentasi pasar berarti membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam berbagai segmen atau kelompok (misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau lebih kelompok-kelompok. Bila menggunakan segmentasi pasar, penting untuk menentukan apa faktor-faktor yang akan dipertimbangkan. Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel segmentasi perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku terhadap produk atau jasa. Sebagai contoh, produsen gitar akustik akan paling mungkin segmen pasar berdasarkan usia, yaitu, strategi pemasaran mereka akan dirancang untuk menarik dan mempengaruhi remaja.
Sumber daya dan kemampuan perusahaan untuk menentukan jumlah dan ukuran segmen pasar yang mereka dapat berharap untuk menarik dengan strategi pemasaran mereka. Jenis produk dan layanan, serta variasi dalam kebutuhan pelanggan mereka, akan memainkan peran dalam ukuran dan jumlah segmen pasar yang ditargetkan. Memilih variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu. Memilih variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu.
Segmentasi pasar merupakan tindakan untuk mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk dan bauran pemasaran yang tersendiri. Pada penelitian ini basis segmentasi yang digunakan adalah gaya hidup yang dapat mempengaruhi bauran pemasaran dan preferensi terhadap bauran pemasaran dari E-Commerce. Ini berarti basis segmentasi ini dilihat dari perilaku mereka terhadap bauran pemasaran. Dengan kesamaan karakteristik perilaku yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran ini diharapkan setiap segmen yang terbentuk dapat didekati dengan penawaran yang tepat sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dari masing-masing segmen.
Dari kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen yang signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu produk, promosi, bukti fisik, komunitas, proses dan harga. Dua yang lain yaitu tempat dan perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95% tidak dapat digunakan untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen mempunyai preferensi bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.

4. Factor factor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen untuk pembelian ulang suatu produk.

1. Loyaliatas pada peroduk, Loyalitas konsumen secara umum dapat diartikan kesetiaan seseorang atas suatu produk, baik barang maupun jasa tertentu. Loyalitas konsumen merupakan manifestasi dan kelanjutan dari kepuasan konsumen dalam menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan, serta untuk tetap menjadi konsumen dari perusahaan tersebut.
2. Kualitas pada produk Kualitas menjadi salah satu tolok ukur penting terhadap kepuasanpelanggan untuk kembali membeli. Namun yang menjadi pertanyaan besar yang perlu dipecahkan “kualitas seperti apa sih yang sesunguhnya diinginkan oleh konsumen? Menyangkut poin apa saja? Apa sajakah parameternya? Apakah produk yang memiliki estetika yang menarik sudah cukup memuaskan customer

Sumber :
http://aditnobaka.wordpress.com/2010/10/08/pengertian-konsumen/
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.elearnportal.com/courses/business/consumer-behavior/consumer-behavior-market-segmentation
http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2177045-pengertian-loyalitas-konsumen/#ixzz1bRBQnPPh

Sabtu, 01 Oktober 2011

komunikasi penuh warna dengan samsung galaxy S II

Saya ingin membeli sebuah handphone yang mempunyai aplikasi dan fitur yang keren, canggih, dan aksesnya cepat. Sebab handphone adalah alat komunikasi yang dapat mempermudah kebutuhan komunikasi masyarakat termasuk saya.
Saya melakukan pencarian handphone apa yang sesuai keinginan saya dengan itu saya membeli bebrapa tabloit handphone yang terbaru. Dari yang telah saya baca dan lihat ternyata banyak jenis handphone yang memiliki fitur keren dan canggih, hal itu membuat saya bingung untuk memilih yang terbai dari semua handphone yang ada.
Dari sekian produk handphone yang ada seperti nokia, samsung, blackberry, iphone, sony ericson, dan sebagainya. tapi dari beberapa alternatif tersebut saya milih produk samsung, gimana ya? Bukannya mao promosi tapi mungkin karena kriteria kesukaan orang yang berbeda-beda, mungkin di jauh sana ada banyak handphone yang canggih dan memiliki fitur lengkap. Namun entah kenapa melihat handphone dari produk samsung agak sedikit berbeda rasanya hehe.. atau mungkin karena ini pertama kalinya saya menggunakan handphone dari produk samsung :D
Selain itu alternatif dari yang saya pilih juga mempunyai jenis dan kriteria yang berbeda tapi akhirnya menemukan handphone yang berteknologi canggih dan memiliki akses cepat atau seng disebut super smartphone yaitu “samsung galaxy SII”, selain canggih dan aksesnya cepat, dia juga memiliki body yang slim dan produk pun terbatas, maka itu saya memilih samsung galaxy SII karena memiliki kualitas yang baik dan sesuai keinginan saya.

Adapun hal yang buat galaxy SII ini disebut super smartphone, yaitu:
Super Vivid, Super Fast, dan Super Slim adalah 3 kekuatan utama dari Samsung GALAXY SII =

- Super Vivid direpresentasikan oleh layar 4.27” SUPER AMOLED Plus yang memungkinkan menonton video, melihat foto atau gambar di layar ini menjadi momen yang lebih seru karena tampilannya akan terlihat cemerlang dan tajam.


- Super Fast direpresentasikan oleh Dual Core processor 1.2Ghz. Loading halaman web dan respon ponsel akan jauh lebih cepat. Selain itu, ini akan berdampak pula pada UI yg lebih halus, performa game yang tinggi, dan mengedit gambar lebih cepat.


- Super Slim. Ketipisannya tidak lebih dari 8.49 mm dengan bodi yang nyaman digenggam dan terlihat mewah.



sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9996474