Selasa, 30 November 2010

Manusia dan Kebudayaan

Dewasa ini kebudayaan semakin tidak menentu. Kalimat itu lah yang sekiranya dapat mewakili perkembangan kebudayaan hingga saat ini. Kebudayaan berasal dari kata budaya..dari kata itu kita dapat membayangkan hal-hal indah yang selalu berkaitan dengan kehidupan manusia. tak pernah lepas dari warna-warna yang menyelumuti juga memperkaya bumi dengan karyanya. Jika kita putarbalikkan waktu, tentu kita dapat lebih merasakan arti kebudayaan indah yang selama ini hanya berada dalam angan-angan kita.
mengapa hanya sebuah angan-angan? karena seiring berjalannya waktu, manusia yang semakin cerdas akan teknologi, akan kehidupan hanya dapat merusak kebudayaan yang telah ada. mereka merasa bahwa budaya adalah diri mereka sendiri, jadi mereka dapat melakukan apapun hal yang di inginkan. Tanpa memikirkan lingkungan sekitar, dan adat yang ada dalam kebudayaan itu sendiri.

yah, mungkin kita tahu kebudayaan tiap daerah pasti berbeda-beda. tanpa berfikir jauh pun, kita dapat melihat perbedaan yang sangat kontras di depan mata kita antara kebudayaan indonesia maupun kebudayaan di barat.
Indonesia sangat menjaga kekentalan adat sopan santun, norma, dsb. bagaimana dengan di barat? Yang mengizinkan adanya seks bebas di mana-mana dengan hanya mensyaratkan bagi remaja yang telah berusia 17th. Bagi budaya mereka, hal itu sudah menjadi "makanan sehari-hari" (biasa), tetapi di lain pihak, hal itu sangat di larang di negara kita. Sayangnya, semakin berkembangnya zaman adat dalam budaya kita pun semakin luntur. Globalisasi telah merubah karakter manusia saat ini menjadi manusia yang "liar".
individu dengan pribadi yang dengan mudahnya menerima semua kebudayaan yang masuk dari negara lain tanpa adanya filterisasi. Dengan masuknya kebudayaan asing negatif, tanpa kita sadari telah merusak kebudayaan sendiri yang selama ini telah kita jaga. Budaya yang hanya mementingkan hedonisme saja..
sekarang lah waktunya kita untuk menjaga..untuk membangun dan memperbaiki kembali kebudayaan yang telah rusak, oleh tangan kita sendiri sebagai manusia yang berakal. tidak hanya merenung dan terdiam, tapi bertindak lah dan buktikan lah..pada bumi kita yang sudah semakin tua.

Teori Perkembangan

Teori Perkembangan Anak – Erickson dan Gardner

Pendapat Piaget dan Vigotsky ini perlu diakomodasi untuk saling melengkapi. Rancangan kegiatan perlu dibagi dimana ada saat anak diberi kesempatan menemukan dan membangun pemahamannya (discovery learning), tetapi guru tetap harus berperan memperluas dan meningkatkan efektifitas belajarnya dengan bantuan arahan yang tepat (scaffolding) sehingga anak dapat meningkatkan ZPD untuk menjadi daerah kemampuan aktualnya. Selain itu perlunya menunggu kesiapan anak dari Piaget dan pemberian bantuan dari orang dewasa untuk meningkatkan kemampuan anak jangan dipandang sebagai sesuatu yang kontradiktif, tetapi dipahami sebagai batasan dalam menetapkan kriteria Developmentally Appropriate Practice. Pendidik perlu meneliti sejauh mana kompetensi dasar usia tertentu, sekaligus mencoba meningkatkan kemampuannya dengan tetap memperhatikan kondisi psikologi anak dan tanpa mematikan anak untuk mencintai belajar.
Pakar Psikologi Perkembangan Erikson memfokuskan pada perkembangan psikososial sejak kecil hingga dewasa dalam delapan tahap. Setiap orang akan melewati tahapan dan setiap tahapan akan mendapatkan pengalaman positif dan negatif. Kepribadian yang sehat akan diperoleh apabila seseorang dapat melewati krisis dalam tugas perkembangan dengan baik. Bagi anak usia dini, autonomy v.s. doubt (1-3 tahun).Bayi memerlukan pengasuhan yang penuh cinta kasih sehingga ia merasa yang aman baginya. Ketidak konsistenan dan penolakan pada masa bayi akan menimbulkan ketidak percayaan pada pengasuhnya berlanjut pada orang lain dan lingkungan yang lebih luas.Pada masa usia dini banyak hal yang menarik dia sehingga akan menjadikan dia ingin selalu mencoba terkadang berbahaya. Pada tahap ini orang dewasa harus memberikan dukungannya dan Erikson mengingatkan pembatasan dan kritik yang berlebihan akan menyebabkan tumbuh rasa ragu terhadap kemampuan dirinya. Penelitian tentang kecerdasan lebih jauh lagi diungkapkan Gardner yang dikenal konsep kecerdasan Jamak atau Multiple Intelegence (MI) ia mengidentifikasikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk menemukan dan mencari pemecahan masalah serta membentuk suatu produk yang mempunyai nilai dipandang dari budaya seseorang. Ketujuh kecerdasantersebut adalah : Linguistik, logika, matematika, spasial, kinestetik, musik, intrapersonal, interpersonal serta naturalis. Setiap orang mempunyai berbagai potensi tersebut dan masing-masing dapat dikembangkan ke tahap tertentu. Dalam mendesain kurikulum konsep Piaget, Vigotsky, Erikson dan Gardner sangat bermanfaat sebagai arahan dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan tahap perkembangan dan minat individu. Erikson menyoroti aspek psikososial yang dialami masa anak-anak serta bagaimana pendidik dapat membantu anak melewati masa tersebut untuk menjadi mandiri. Piaget dengan konsep tahapan perkembangan berfikir memberikan pedoman Dalam menyusun pembelajaran yangsesuaiusia, sementaraVigotsky mengemukakan tentang pentingnya interaksi sosial dalam menstimulus berbagai aspek perkembangan.

Mao Zedong My Filsuf

Mao Zedong
Mao Zedong (Hanzi: 毛澤東) (Shaoshan, Hunan, 26 Desember 1893 – Beijing, 9 September 1976), adalah seorang tokoh filsuf dan pendiri negara Republik Rakyat Cina.
Lahir di sebuah keluarga petani miskin, sejak kecil Mao harus bekerja keras dan hidup prihatin. Meskipun di kemudian hari keadaan ekonomi keluarganya meningkat, tetapi kesengsaraan di masa kecil itu banyak mempengaruhi kehidupannya kelak.
Ketika kecil, Mao dikirim untuk belajar di sekolah dasar. Pendidikannya sewaktu kecil juga mencakup ajaran-ajaran klasik Konfusianisme. Tetapi pada usia 13 tahun, ayahnya menyuruhnya berhenti bersekolah dan menyuruhnya bekerja di ladang-ladang. Mao memberontak dan bertekad ingin menyelesaikan pendidikannya sehingga ia nekat kabur dari rumah dan melanjutkan pendidikannya di tempat lain. Pada tahun 1905, ia mengikuti ujian negara yang pada saat itu mulai menghapus paham-paham konfusianisme lama; digantikan oleh pendidikan gaya Barat. Hal ini menandakan permulaan ketidakpastian intelektual di Cina.
Pada tahun 1911, Mao terlibat dalam Revolusi Xinhai yang merupakan revolusi melawan Dinasti Qing yang berakibat kepada runtuhnya kekaisaran Cina yang sudah berkuasa lebih 2000 tahun sejak tahun 221 SM. Tahun 1912, Republik Cina diproklamasikan oleh Sun Yat-sen dan Cina dengan resmi masuk ke zaman republik. Mao lalu melanjutkan sekolahnya dan mempelajari banyak hal antara lain budaya barat. Pada tahun 1918 ia lulus dan lalu kuliah di Universitas Beijing. Di sana ia akan berjumpa dengan para pendiri PKT yang berhaluan Marxis.


Pandang-Pandangan
Mao Zedong di tahun 1936
Mao sebenarnya bukan seorang filsuf yang orisinil. Gagasan-gagasannya berdasarkan bapak-bapak sosialisme lainnya seperti Karl Marx, Friedrich Engels, Lenin dan Stalin. Tetapi ia banyak berpikir tentang materialisme dialektik yang menjadi dasar sosialisme dan penerapan gagasan-gagasan ini dalam praktek seperti dikerjakan Mao bisa dikatakan orisinil. Mao bisa pula dikatakan seorang filsuf Cina yang pengaruhnya paling besar dalam Abad ke 20 ini.
Konsep falsafi Mao yang terpenting adalah konflik. Menurutnya: “Konflik bersifat semesta dan absolut, hal ini ada dalam proses perkembangan semua barang dan merasuki semua proses dari mula sampai akhir.” Model sejarah Karl Marx juga berdasarkan prinsip konflik: kelas yang menindas dan kelas yang tertindas, kapital dan pekerjaan berada dalam sebuah konflik kekal. Pada suatu saat hal ini akan menjurus pada sebuah krisis dan kaum pekerja akan menang. Pada akhirnya situasi baru ini akan menjurus kepada sebuah krisis lagi, tetapi secara logis semua proses akhirnya menurut Mao, akan membawa kita kepada sebuah keseimbangan yang stabil dan harmonis. Mao jadi berpendapat bahwa semua konflik bersifat semesta dan absolut, jadi dengan kata lain bersifat abadi. Konsep konflik Mao ini ada kemiripannya dengan konsep falsafi yin-yang. Semuanya terdengar seperti sebuah dogma kepercayaan. Di bawah ini disajikan sebuah cuplikan tentang pemikirannya tentang konflik.
Dalam ilmu pengetahuan semuanya dibagi berdasarkan konflik-konflik tertentu yang melekat kepada obyek-obyek penelitian masing-masing. Konflik jadi merupakan dasar daripada sesuatu bentuk disiplin ilmu pengetahuan. Di sini bisa disajikan beberapa contoh: bilangan negatif dan positif dalam matematika, aksi dan reaksi dalam ilmu mekanika, aliran listrik positif dan negatifa dalam ilmu fisika, daya tarik dan daya tolak dalam ilmu kimia, konflik kelas dalam ilmu sosial, penyerangan dan pertahanan dalam ilmu perang, idealisme dan materialisme serta perspektif metafisika dan dialektik dalam ilmu filsafat dan seterusnya. Ini semua obyek penelitian disiplin-disiplin ilmu pengetahuan yang berbeda-beda karena setiap disiplin memiliki konfliknya yang spesifik dan esensi atau intisarinya masing-masing.
Contoh-contoh yang diberikan oleh Mao Zedong mengenai 'konflik' dalam disiplin yang berbeda-beda diambilnya dari Lenin. Beberapa analogi memang pas tetapi yang lain-lain tidak. Bilangan-bilangan negatif dan positif merupakan sebuah contoh yang buruk mengenai dialektika marxisme karena perbedaan mereka tidak dinamis: hanya ada bilangan-bilangan negatif dan positif baru yang bermunculan. Pendapat Mao menjadi meragukan lagi apabila ia mengatakan bahwa 'konflik'-'konflik' ini merupakan 'intisari' daripada disiplin ilmu pengetahuan yang bersangkutan. Bilangan negatif dan positif bukanlah intisari ilmu matematika, begitu pula metafisika dan dialektika bukanlah intisari dari filsafat. Mao adalah seseorang yang terpelajar dan pengertian-pengertiannya yang salah bisa diterangkan dari sebab ia sangat terobsesi dengan konsep konflik ini. Obsesi ini juga mempengaruhi keputusan-keputusan politiknya seperti akan dipaparkan di bawah nanti.


Konsep Yin Yang mempengaruhi pandangan falsafi Mao Zedong.
Konsep Mao kedua yang penting adalah konsepnya mengenai pengetahuan yang juga ia ambil dari paham Marxisme. Mao berpendapat bahwa pengetahuan merupakan lanjutan dari pengalaman di alam fisik dan bahwa pengalaman itu sama dengan keterlibatan.
Jika engkau mencari pengetahuan maka engkau harus terlibat dengan keadaan situasi yang berubah. Jika kau ingin mengetahui bagaimana sebuah jambu rasanya, maka jambu itu harus diubah dengan cara memakannya. Jika engkau ingin mengetahui sebuah struktur atom, maka engkau harus melakukan eksperimen-eksperimen fisika dan kimia untuk mengubah status atom ini. Jika engkau ingin mengetahui teori dan metoed revolusi, maka engkau harus mengikutinya. Semua pengetahuan sejati muncul dari pengalaman langsung.
Hanya setelah seseorang mendapatkan pengalaman, maka ia baru bisa melompat ke depan. Setelah itu pengathuan dipraktekkan kembali yang membuat seseorang mendapatkan pengalaman lagi dan seterusnya. Di sini diperlihatkan bahwa Mao tidak saja mengenal paham Marxisme tetapi juga paham neokonfusianisme seperti dikemukakan oleh Wang Yangmin yang hidup pada abad ke 15 sampai ke abad ke 16.






Karya dari Mao Zedong:
1. Memusatkan Kekuatan Unggul Untuk Memusnahkan Musuh Satu Demi Satu. Mao Zedong (16 September 1946), Sumber: Pilihan Karya Mao Tje-Tung, Jilid IV, halaman 119, Pustaka Bahasa Asing, Peking, 1967.
2. Beberapa Masalah Mengenai Metode Memimpin. Mao Zedong (1 Juni 1943) Sumber: Pilihan Karya Mao Ce-tung, jilid III halaman 151. Pustaka Bahasa Asing, Peking, 1967.
3. Dinding gedung bagian selatan terukir sebuah puisi dengan aksara China karya Mao Z
































Kepustakaan
Feigon,Lee. Mao: Sebuah reinterpretasi. Chicago: Ivan R. Dee, 2002.


Garza, Hedda. Mao Zedong. New York: Chelsea House, 1988.


Pendek, Philip. Mao: Life. New York: Holt Henry, 2000.


Terrill, Ross. Mao: Biografi A. New York: Harper & Row, 1980. Cetak ulang, Stanford, CA: Stanford University Press, 1999.edong.

Saat Ujian Melanda Bumi Pertiwi


Saat ujian datang melanda bumi pertiwi. Tak kala semua awalnya dalam kesibukan sendiri, hingga akhinya bisa menyatuh dan saling mengerti saat semua kejadian telah terjadi saat hati baru tersentuh setelah melihat deraiaan air mata, tangis menggundang kepedihan jiwa saat itu kita baru sadar, apa arti hidup didunia.
Penderitaan di negeri ini tak pernah lepas. Ini bukan suatu hukuman tapi ini sebuah peringatan supaya kita tak menjadi seorang yang sombong. Yang selama ini menuntut hak namun tak pernah melakukan kewajibannya secara benar. Adakah saat ini kita bisa saling menyalakan, bila semuannya berawal dari kita sendri juga. Bencana meletusnya gunung  Merapi di yogjakarta. Membuat penderitaan dan trauma terdalam khususnya kepada orang yang kehilangan terdekat. Semua mata melihat, meski bukan kita yang mengalami tapi semua membuat hati tergugah. Tangisan tiada arti tak membuat semuannya kembali, marah dan benci tak membuat semuannya seperti kita ingini yang dapat kita lakukan sekarang untuk lebih mendekatkan diri pada ALLAH. Karena sesungguhnya tiada daya segala upaya hanya padaNya lah kita kembalikan.
Kisah ini realiti saat kita harus berfikir lebih menjadi orang yang berarti. Penderitaan, tangisan, kesedihan, luka, dan terutama mendalam akan berdampak buruk untuk perkembangan. Yang pertama kali mereka para korban selain kehilangan orang terkasihnya hilang pulah rumah yang bisa digunakan berteduh kini mereka harus berfikir untuk mencari tempat  tinggal unhtuk melanjutkan hidup mereka. Semua itu membuat perubahan perasaan, pola berfikir, emosi & stabilitas kesehatan yang pasti akan membuat mereka tergangu karena keadaan telah berubah dan perlu beradaptasi lagi dengan lingkungan baru. Semua butuh proses yang panjang tapi sesuatu POWER yang ada dalam suatu kekuatan. Yaitu smangat dan kesabarat serta ketulusan hati. Ini alah suatu ujian supaya kita biasa menjadi orang yang lebih baik. Karena bila tanpa ujian kita tidak akan pernah tahu apa arti kehidupan, dan setiap makhluk hidup akikatnya akan kembali kepada pemiliknya. Semoga dengan ujian ini kita bisa berintropeksi diri,untuk salain menghargai, mengayangi, dan lebih saling memperhatikan bukan hanya mengejar kesenangan tanpa kita bisa bermanfaat. Semoga ini hal yang terakhir yang terjadi dibumi pertiwi yang kiat cintai mari kita kuatkan IMTAQ, agar kita senantiasa dilindungi ALLAH. Aminnnnn.....

Sabtu, 20 November 2010

Melihat keindahan Bali



Bali adalah nama salah satu provinsi di Indonesia, dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, dan Pulau Serangan.


Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar, yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Budaya
http://img228.imageshack.us/img228/3143/175pxgamelanofbali20050.jpg
Musik tradisional Bali memiliki kesamaan dengan musik tradisional di banyak daerah lainnya di Indonesia, misalnya dalam penggunaan gamelan dan berbagai alat musik tabuh lainnya. Meskipun demikian, terdapat kekhasan dalam tehnik memainkan dan gubahannya, misalnya dalam bentuk kecak, yaitu sebentuk nyanyian yang konon menirukan suara kera. Demikian pula beragam gamelan yang dimainkan pun memiliki keunikan, misalnya Gamelan Jegog, Gamelan Gong Gede, Gamelan Gambang, Gamelan Selunding, dan Gamelan Semar Pegulingan. Adapula musik Angklung dimainkan untuk upacara ngaben, serta musik Bebonangan dimainkan dalam berbagai upacara lainnya.

Terdapat bentuk modern dari musik tradisional Bali, misalnya Gamelan Gong Kebyar yang merupakan musik tarian yang dikembangkan pada masa penjajahan Belanda, serta Joged Bumbung yang mulai populer di Bali sejak era tahun 1950-an. Umumnya musik Bali merupakan kombinasi dari berbagai alat musik perkusi metal (metalofon), gong, dan perkusi kayu (xilofon). Karena hubungan sosial, politik dan budaya, musik tradisional Bali atau permainan gamelan gaya Bali memberikan pengaruh atau saling mempengaruhi daerah budaya di sekitarnya, misalnya pada musik tradisional masyarakat Banyuwangi serta musik tradisional masyarakat Lombok.
Tari
Seni tari Bali pada umumnya dapat dikatagorikan menjadi tiga kelompok; yaitu wali atau seni tari pertunjukan sakral, bebali atau seni tari pertunjukan untuk upacara dan juga untuk pengunjung, dan balih-balihan atau seni tari untuk hiburan pengunjung.

Pakar seni tari Bali I Made Bandem pada awal tahun 1980-an pernah menggolongkan tari-tarian Bali tersebut; antara lain yang tergolong ke dalam wali misalnya Berutuk, Sang Hyang Dedari, Rejang dan Baris Gede, bebali antara lain ialah Gambuh, Topeng Pajegan, dan Wayang Wong, sedangkan balih-balihan antara lain ialah Legong, Parwa, Arja, Prembon dan Joged, serta berbagai koreografi tari modern lainnya.

Salah satu tarian yang sangat populer bagi para wisatawan ialah Tari Kecak. Sekitar tahun 1930-an, Wayan Limbak bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies menciptakan tari ini berdasarkan tradisi Sanghyang dan bagian-bagian kisah Ramayana. Wayan Limbak mempopulerkan tari ini saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali-nya.
Tarian wali
* Sang Hyang Dedari
* Sang Hyang Jaran
* Tari Rejang
* Tari Baris
* Tari Janger

Tarian bebali
* Tari Topeng
* Gambuh

Tarian balih-balihan
* Tari Legong
* Arja
* Joged Bumbung
* Drama Gong
* Barong
* Tari Pendet
* Tari Kecak
* Calon Arang


Pantai Kuta
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di kabupaten Badung.


Daerah ini merupakan sebuah destinasi turis mancanegara yang sangat termasyhur. Di Kuta sendiri banyak terdapat pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri.Pantai Kuta sering pula disebut sebagai Sunset Beach atau pantai matahari terbenam sebagai lawan dari pantai Sanur.
kuta3.jpgsunsetbali.jpg
Pantai Sanur
Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ini letaknya adalah persis di sebelah timur kota Denpasar, ibukota Bali. Sanur berada di kabupaten Badung.


Pantai Sanur terutama adalah lokasi untuk berselancar (surfing). Terutama ombak pantai Sanur sudah termasyhur di antara para wisatawan mancanegara. Tak jauh lepas Pantai Sanur terdapat juga lokasi wisata selam dan snorkeling. Oleh karena kondisinya yang ramah, lokasi selam ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkatan keahlian.Pantai Sanur juga dikenal sebagai Sunrise beach (pantai matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta.
2148782-sunrise_at_sanur_bali-sanur.jpgpantai-sanur2.jpg
Nusa Dua
Nusa Dua, adalah sebuah tanjung yang terletak di selatan pulau Bali. Jaraknya kurang lebih 40 kilometer dari ibukota Denpasar.
Di daerah yang terdiri dari batu-batu karang gamping ini, banyak terdapat tempat wisata, seperti pantai Jimbaran dan Garuda Wisnu Kencana.
nusa_dua_aerial.jpgnusa-dua-beach.jpgnusa-dua-beach2.jpg400px-dreamland_bali.jpg
Tanah Lot
Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi pulau Bali. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.
tanah_lot.jpgpura-tanah-lot.jpg

Sumber   : goedang.com/node/324332
                : http://blog.its.ac.id/fuadcsitsacid/2008/03/31/objek-wisata-di-pulau-bali/

Senin, 15 November 2010

Cinta dan Mencintai Allah

ORANG - ORANG YANG DICINTAI ALLAH :

Allah Subhannahu wa Ta'ala mencintai dan dicintai. Allah Subhannahu wa Ta'ala 
berfirman di dalam surat Al-Ma'idah: 54, yang artinya: "Maka Allah akan mendatangkan 
satu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai Allah." 
Mereka yang dicintai Allah Subhannahu wa Ta'ala : 

a. Attawabun (orang-orang yang bertau-bat), Al-Mutathahhirun (suka bersuci),
Al-Muttaqun (bertaqwa), Al-Muhsinun (suka berbuat baik) Shabirun (bersa-bar), 
b. Orang-orang yang berperang di jalan Allah dalam satu barisan seakan-akan 
mereka satu bangunan yang kokoh. 
c. Orang yang berkasih-sayang, lembut kepada orang mukmin. Orang yang menampakkan 
izzah/kehormatan diri kaum muslimin di hadapan orang-orang kafir. 
d. Orang yang berjihad (bersungguh-sungguh) di jalan Allah. 
e. Orang yang tidak takut dicela manusia karena beramal dengan sunnah. 
f. Orang yang berusaha mendekatkan diri kepada Allah dengan ibadah sunnah 
setelah menyelesaikan ibadah wajib. 


CARA - CARA untuk MENDAPATKAN CINTA ALLAH SWT :
1. Membaca Al-Qur'an dengan memikirkan dan memahami maknanya. 
Berusaha mendekatkan diri kepada Allah Subhannahu wa Ta'ala dengan ibadah 
sunnah setelah menyelesaikan ibadah yang wajib. 
2. Selalu mengingat Allah Subhannahu wa Ta'ala , baik dengan lisan, hati 
maupun dengan anggota badan dalam setiap keadaan. 
3. Lebih mengutamakan untuk mencintai Allah Subhannahu wa Ta'ala daripada 
dirinya ketika hawa nafsunya menguasai dirinya. 
4. Memahami dan mendalami dengan hati tentang nama dan sifat-sifat Allah. 
5. Melihat kebaikan dan nikmatNya baik yang lahir maupun yang batin. 
6. Merasakan kehinaan dan kerendahan hati di hadapan Allah. 
7. Beribadah kepada Allah pada waktu sepertiga malam terakhir (di saat Allah 
turun ke langit dunia) untuk bermunajat kepadaNya, membaca Al-Qur'an , 
merenung dengan hati serta mempelajari adab dalam beribadah di hadapan Allah
kemudian ditutup dengan istighfar dan taubat. 
8. Duduk dengan orang-orang yang memiliki kecintaan yang tulus kepada Allah 
dari para ulama dan da'i, mendengar-kan dan mengambil nasihat mereka serta
tidak berbicara kecuali pembicaraan yang baik. 
9. Menjauhi/menghilangkan hal-hal yang menghalangi hati dari mengingat 

Allah Subhannahu wa Ta'ala .

KEPRIBADIAN CEWEK DARI BENTUK LIPSTIK

Katanya niyh, bentuk lipstik cewek bisa menunjukkan kepribadian si pemakainya lho, bener atau ga, silahkan baca deh...
Cobalah lihat, termasuk ke dalam kategori mana koleksi lipstik kamu. Caranya,kamu harus membuka tutup lipstik, putar, supaya terlihat ujungnya dengan jelas. Perhatikan keadaan seputar ujung lipstik. 

Ujungnya membentuk sudut yang amat tajam, hampir seperti segitiga. 
Artinya,kamu bersemangat tinggi, berpegang teguh pada pendirian, tidak suka jadwal ketat, selektif memilih teman, outgoing, menyukai perhatian, dan pandai berargumentasi. 

Ujungnya membulat dan halus 
Artinya, kamu orang yang easygoing, pandai mendamaikan suasana, kadang-kadang temperamental, banyak disukai orang, dan dermawan. 

Ujungnya agak tajam, seperti lipstik yang baru dibeli 
Artinya, kamu seorang pengikut yang setia, tidak terlalu suka jadi pusat perhatian, kadang-kadang berpamrih, sedikit sadar diri, dan menyukai ketepatan waktu. 

Ujungnya mendatar 
Artinya,kamu lugas, bermoral tinggi, sangat hati-hati dalam berpenampilan, tergantung pada orang lain, sangat tergantung pada orang lain, konservatif, dan cinta perubahan. 

Ujungnya tajam, membentuk mata pena 
Artinya, kamu mempercayai spiritualisme, punya sifat ingin tahu, mencari perhatian, misterius, ego tinggi, setia, selalu mencari jalan yang gampang, dan mencintai kehidupan. 

percaya atau ga, coba resapi bener gak bentuk lipstik ama kepribadian kamu^^

Struktur Organisasi KOPMA FIB UI



Fungsi – fungsi bagian :

Ketua Umum:
Bertanggung jawab secara umum terhadap jalannya kepengurusan KOPMA FIB 
UI,mengkoordinir tiap bidang, dan menetapkan kebijakan yang berkaitan dengan 
kepentingan KOPMA FIB UI.

Sekum :
Mewakili Ketua bila berhalangan tugas, bertanggung jawab terhadap konsolidasi internal, 
dan memberi pertimbangan dan masukan terhadap kebijakan KOPMA FIB UI.

Bendum : 
Mengatur keuangan, pembukuan, dan membuat laporan keuangan KOPMA FIB UI setiap 
tengah tahun dan diakhir kepengurusan.

Biro Kestari : 
Mengatur tata tertib administrasi organisasi, kearsipan, menyusun SOP rapat, protokoler 
acara.

DPO : 
Menciptakan iklim kondusif organisasi, kaderisasi, mengadakan RAT, pelatihan, dan 
membuat acara atau kegiatan yang menunjang kesejahteraan anggota.

DPU : 
Menginventarisasi aset, mencari sumber dana yang halal, membangun usaha, dan 
bertanggung jawab atas pemasukan KOPMA FIB UI.

HUMAS : 
Membangun citra positif KOPMA FIB UI, membuat standarisasi publikasi, mengelola mading, majalah, dan menjalankan fungsi technical assistanceterhadap bidang lain.

Senin, 01 November 2010

“PENGERTIAN DAN PRINSIP-PRINSIP KOPERASI”

KOPERASI..

Bagi Masyarakat Indonesia, Koperasi sudah tidak asing lagi, karena kita sudah merasakan jasa Koperasi dalam rangka keluar dari kesulitan hutang lintah darat. Secara harfiah Koperasi yang berasal dari bahasa Inggris Coperation terdiri dari dua suku kata :

- Co yang berarti bersama
- Operation = bekerja

Jadi koperasi berarti bekerja sama, sehingga setiap bentuk kerja sama dapat disebut koperasi.

Pengertian pengertian pokok tentang Koperasi :
1. Merupakan perkumpulan orang orang termasuk badan hukum yang mempunyai kepentingan dan tujuan yang sama.
2. Menggabungkan diri secara sukarela menjadi anggota dan mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai pencerminan demokrasi dalam ekonomi.
3. Kerugian dan keuntungan ditanggung dan dinikmati bersama secara adil.
4. Pengawasan dilakukan oleh anggota.
5. Mempunyai sifat saling tolong menolong.
6. Membayar sejumlah uang sebagai simpanan pokok dan simpanan wajib sebagai syarat menjadi anggota.

Sebetulnya suatu definisi itu meskipun banyak persamaannya, tetapi orang banyak yang memberi tekanan pada salah satu unsurnya. Hal ini tergantung pada perbedaan segi pandangan palsafah hidup orang yang mengemukakan tentang Koperasi, sebagai pelengkap dari pengertian koperasi menurut UU No. 12/1967 (undang undang pertama mengenai Koperasi Indonesia), diantaranya :

- Dr.C.C. Taylor

Beliau adalah seorang ahli ilmu Sosiologi, dapat diperkirakan tinjauan beliau adalah tinjauan yang menganggap bahwa Koperasi adalah konsep sosiologi. Menurutnya koperasi ada dua ide dasar yang bersifat sosiologi yang penting dalam pengertian kerja sama :
a. Pada dasarnya orang lebih menyukai hubungan dengan orang lain secara langsung. Hubungan paguyuban lebih disukai daripada hubungan yang bersifat pribadi.
b. Manusia (orang) lebih menyukai hidup bersama yang salig menguntungkan dan damai daripada persaingan.
Sesuai dengan pandangan Taylor tersebut Koperasi dianggap lebih bersifat perkumpulan orang daripada perkumpulan modal, selain dari sudut pandang ETIS/ RELIGIOUS dan sudut pandang EKONOMIS.

- Intenational Labour Office (ILO)

Menurut ILO definisi koperasi adalah sebagai berikut :
….. Cooperation is an association of person, usually of limited means, who have voluntaily joined together to achieve a common economic and through the formation of a democratically controlled businnes organization, making equitable
contribution of the capital required and eccepting a fair share of the risk and benefits of the undertaking.

Definisi di atas terdiri dari unsur unsur berikut :
a. Kumpulan orang orang
b. Bersifat sukarela
c. Mempunyai tujuan ekonomi bersama
d. Organisasi usaha yang dikendalikan secara demokratis
e. Kontribusi modal yang adil
f. Menanggung kerugian bersama dan menerima keuntungan secara adil.

- Margaret Digby

Menulis tentang “ The World Cooperative Movement “ mengatakan bahwa koperasi adalah :
a. Kerjasama dan siap untuk menolong
b. Adalah suatu usaha swasta tetapi ada perbedaan dengan badan usaha swasta lain dalam hal cara untuk mencapai tujuannya dan penggunaan alatnya.

- Dr. C.R Fay

…..suatu perserikatan dengan tujuan berusaha bersama yang terdiri atas mereka yang lemah dan diusahakan selalu dengan semangan tidak memikirkan diri sendiri sedemikian rupa. Sehingga masing masing sanggup menjalankan kewajibannya sebagai anggota dan mendapat imbalan sebanding dengan tingkat hubungan mereka dengan perserikatan itu.

- Dr. G. Mladenata

Didalam bukunya “ Histoire des Doctrines Cooperative “ mengemukakan bahwa koperasi terdiri atas produsen produsen kecil yang tergabung secara sukarela untuk mencapai tujuan bersama ,dengan saling bertukar jasa secara kolektif dan menanggung resiko bersama dengan mengerjakan sumber sumber yang disumbangkan oleh anggota.

- H.E. Erdman

Bukunya “ Passing Monopoly as an aim of Cooperative” mengemukakan definisi sebagai berikut :
a. koperasi melayani anggota, yang macam pelayanannya sesuai dengan macam koperasi
b. rapat anggota memutuskan kebijakan dasar juga mengangkat dan meberhentikan pengurus
c. pengurus bertanggung jawab dalam menjalankan usaha dan dapat mengangkat karyawan untuk melaksanakan kebijaksanaan yang diterima dari rapat anggota.
d. Tiap anggota mempunyai hak satu suara dalam rapat anggota tahunan. Partisipasi anggota lebih diutamakan daripada modal yang dimasukan.
e. Anggota membayar simpanan pokok, wajib dan sukarela. Koperasi juga dimungkinkan meminjam modal dari luar.
f. Koperasi membayar bunga pinjaman sesuai dengan batas yang berlaku yaitu sesuai dengan tingginya yang berlaku di masyarakat.
g. SHU ( Sisa Hasil Usaha ) dibayar pada anggota yang besarnya sesuai dengan jasa anggota
a. Dalam hal mengalami kegagalan, anggota hanya bertanggung jawab sebesar simpananya di koperasi.

- Frank Robotka

Bukunya yang berjudul “ A Theory of Cooperative “ menyakan bahwa penulis penulis Amerika serikat umumnya menerima ide ide tentang koperasi sebagai berikut :
a. koperasi adalah suatu bentuk badan usaha yang anggotanya merupakan langganannya. Koperasi diorganisasikan , diawasi dan dimiliki oleh para anggotanya yang bekerja untuk kemanfaatan mereka sendiri
b. praktek usahanya sesuai dengan prinsip prinsip Rochdale
c. Koperasi adalah suatu kebalikan dari persaingan yaitu bahwa anggota lebih bersifat kerja sama daripada bersaing diantara mereka
d. Koperasi bukan perkumpulan modal dan tidak mengejar keuntungan, lain dengan badan usaha bukan koperasi yang mengutamakan modal dan berusaha mendapatkan keuntungan
e. Keanggotaan koperasi berdasarkan atas perseorangan bukan atas dasar modal.

- Dr. Muhammad Hatta

Dalam bukunya “ The Movement in Indonesia” beliau mengemukakan bahwa koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarka tolong menolong. Mereka didorong oleh keinginan memberi jasa pada kawan “ seorang buat semua dan semua buat seorang” inilah yang dinamakan Auto Aktivitas Golongan, terdiri dari :
a. Solidaritas
b. Individualitas
c. Menolong diri sendiri
d. Jujur

KOPERASI menurut UU No. 25 Tahun 1992 (Perkoperasian Indonesia)

Koperasi adalah Badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang beradasarkan atas dasar asas kekeluargaan.
Adapula tujuan koperasi adalah memajukan kesejahteraan pada khhususnya dan masyarakat pada umum, serta ikut membangun tatananperekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur sesuai dengan undang-undang 1945.

Jadi, koperasi menurut saya adalah Koperasi adalah Asosiasi orang orang yang bergabung dan melakukan usaha bersama atas dasar prinsip prinsip koperasi, sehingga mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan biaya rendah melalui perusahaan yang dimiliki dan diawasi secara demokratis oleh anggotanya. Asosiasi berbeda dengan kelompok, asosiasi terdiri dari orang orang yang memiliki kepentingan yang sama, lazimnya yang menonjol adalah kepentingan ekonomi.

PRINSIP KOPERASI

adalah ketentuan-ketentuan pokok yang berlaku dalam koperasi dan dijadikan sebagai pedoman kerja koperasi dan membedakan dengan organisasi ekonomi lainnya.
Prinsip Koperasi Menurut UU No. 25 tahun 1992
1. keanggotaannya bersifat sukarela dan terbuka.
2. pengelolaan dilakukan secara demokrasi.
3. pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota.
4. pemberian balas jasa terbatas tehadap modal.
5. kemandirian.
6. pendidikan perkoperasian.
7. kerjasama antar koperasi.

Jadi menurut saya prinsip koperasi menurut UU No. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian Indonesia.

1. Keanggotaanya sukarela dan terbuka. Yang keanggotaanya bersifat sukarela terbuka bagi semua orang yang bersedia mengunakan jasa jasanya, dan bersedia menerima tanggung jawab keanggotaan tanpa membedakan gender.
2. Pengelolaan dilakukan secara Demokratis. Anggota yang secara aktif menetapkan kebijakan dan membuat keputusan. Laki laki dan perempuan yang dipilih sebagai pengurus atau pengawas bertanggung jawab kepada rapat anggota. Dalam koperasi primer, anggota memiliki hak suara yang sama (satu anggota satu suara). Pada tingkatan lain koperasi juga dikelola secara demokratis.
3. Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota. Anggota menyetorkan modal mereka secara adil dan melakukan pengawasan secara demokratis. Sebagian dari modal tersebut adalah milik bersama. Bila ada balas jasa terhadap modal diberikan secara terbatas.
4. pemberian balas jasa terhadap modal adalah Kepedulian terhadap masyarakat. Koperasi melakukan kegiatan untuk pengembangan masyarakat sekitarnya secara berkelanjutan melalui kebijakan yang diputuskan oleh rapat anggota.
5. Kemandirian. Koperasi adalah organisasi yang otonom dan mandiri yang di awasi oleh anggotanya. Dalam setiap perjanjian dengan pihak luar ataupun dalam, syaratnya harus tetap menjamin adanya upaya pengawasan demokratis dari anggota dan tetap mempertahankan otonomi koperasi.
6. Pendidikan, Pelatihan, dan Informasi. Tujuanya adalah agar mereka dapat melaksanakan tugas dengan lebih efektif bagi perkembangan koperasi. Koperasi memberikan informasi kepada masyarakat umum, mengenai hakekat dan manfaat berkoperasi.
7. Kerja sama antar koperasi. Dengan bekerja sama secara lokal, nasional, regional dan internasional maka gerakan koperasi dapat melayani anggotanya dengan efektif serat dapat memperkuat gerakan koperasi.